Senin, 07 Desember 2009

Cara Menangani Virus Shortcut Harry Potter (Yuyun.Shortcut)

Pertama anda harus punya program "startUp Manager" terlebih dahulu.Jika sudah ada, jalankan program tersebut kemudian cari startUp yang mencurigakan ( Biasanya berbentuk script ) dan cari source-nya. Jika source-nya sudah ketemu langsung hapus file tersebut.
Langkah selanjutnya, jalankan "search" pada "Windows Explorer" dan ketikkan keyword " Thumb.db ", centang pilihan "Search hidden files and folder" pada " More advance Option", lakukan search pada keseluruhan komputer.
Jika telah selesai, hapus semua hasilnya dengan cara "Shift+Delete" (Agar file yang terhapus langsung terhapus dari komputer tanpa masuk "Recycle Bin" terlebih dahulu).
Kemudian lakukan search lagi dengan keyword " *.lnk ".
Jika telah selesai, hapus semua hasil shortcut yang berbentuk "folder shotcut" dengan cara "Shift+Delete".
Hati2 dalam meng-klik shotcut tersebut, karena jika shortcut tersebut di klik 2 kali ( di jalankan ) maka virus tersebut kembali menginfeksi komputer anda, dan anda harus mengulangi langkah2 di atas dari awal.
Jika telah terhapus semua, Restart komputer anda.
Kemudian cek apakah shortcut2 berbentuk folder tersebut masih bisa muncul lagi.
Jika masih bisa mincul lagi, ulangi langkah2 diatas..

Untuk sekedar info, jika komputer anda terinfeksi virus tersebut dan anda benar2 ingin "menghabisi" virus ini, anda tidak perlu repot2 melakukan cara2 di atas.
Cukup Download Smadav versi terbaru dan lakukan scan menyeluruh, Smadav sudah bisa mengenali virus tersebut dengan sempurna.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More